CARA MUDAH BERBISNIS TIKET PESAWAT

Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Apakah anda sudah siap untuk Bergabung??

Bergabung? silahkan klik disini

Sabtu, 18 Juni 2011

Jangan Sisakan Uang, tapi Habiskan




JAKARTA, KOMPAS.com — Tujuan mengatur keuangan bukan untuk menyisakan uang gaji, melainkan menghabiskan uang di jalan yang benar.

Hal itu disampaikan oleh perencana keuangan dari Safir Senduk dan rekan, Ahmad Gozali, dalam acara Indonesia Financial Expo dan Forum 2011, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (18/6/2011). 

"Mulai melakukan kewajiban agama atau sosial, membayar utang, saving, baru shopping," ujar Ahmad.

Ia menilai sulit bagi orang untuk menyisakan gaji dan lebih mudah untuk menghabiskannya. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghabiskan gaji yang tepat.

Runutan tersebut, disebutnya, merupakan langkah yang benar mengingat sering kali yang terjadi di masyarakat, belanja kebutuhan hidup menjadi yang pertama dilakukan, bayar utang, tabungan, serta kewajiban agama dan sosial menjadi hal yang dilakukan setelahnya. "Ini cash flow-nya orang miskin," ungkapnya.

Menurut Ahmad, pengeluaran yang memiliki konsekuensi paling tinggi yaitu kewajiban agama karena ada hubungannya dengan Tuhan. Sementara cicilan utang menjadi konsekuensi terbesar setelah kewajiban agama karena terdapat konsekuensi membayar denda jika telat. Oleh karena itu, kedua ini perlu ditempatkan sebagai pos pengeluaran yang pertama yang harus dilakukan. 

Selain itu, ia pun berpesan, seorang pekerja harus selalu merasa bahagia. Dengan begitu, penghasilannya pun akan lebih besar dari mereka yang tidak berbahagia. "Kiatnya, lakukan pekerjaan apa pun dengan bahagia, sekaligus menghargai pekerjaan apa pun yang dilakukan," ucap Ahmad.



Mandala Airlines Jadi Tiger?



JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta kepada para pemegang saham PT Mandala Airlines untuk tidak mengubah nama Mandala. Berdasar kabar yang berkembang, salah satu investor Mandala, Tiger Airways mengusulkan nama Mandala diganti dengan nama Tiger.

"Sebaiknya nama Mandala tidak diubah, nama itu sudah sangat dikenal masyarakat. Brand image juga Mandala juga sudah sangat baik," kata Bambang di Jakarta, Jumat (17/6/2011).

Dijelaskannya, terlepas dari operasinya yang terhenti pada 13 Januari 2011 lalu, Mandala adalah salah satu maskapai yang memiliki tingkat keselamatan yang cukup tinggi.

Maskapai tersebut adalah satu-satunya perusahaan penerbangan swasta nasional yang memiliki sertifikat IATA Operating Safety Audit (IOSA). Sebelumnya hanya maskapai BUMN, Garuda Indonesia yang memiliki sertifikat audit dari oerganisasi penerbangan sipil dunia itu. "Secara historis, nama Mandala telah mengena di hati masyarakat Indonesia. Nama ini telah ada di hati masyarakat puluhan tahun," jelasnya.

Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub, Bambang Supriyadi Ervan mengatakan untuk mengubah nama, pihak manajemen baru juga harus mengajukan izin baru atau surat izin usaha penerbangan (SIUP). "Manajemen harus mengajukan rencana bisnis baru dengan nama PT yang baru," tandasnya.

Selain itu, untuk faktor keselamatannya juga harus disertifikasi baru. Bila memakai nama baru, perusahaan tersebut harus melakukan resertifikasi IOSA yang baru.

Untuk diketahui saja, dua investor besar masuk ke Mandala. Keduanya adalah Tiger Airways yang memiliki 33 persen, PT Saratoga 51 persen dan 16 persen dimiliki oleh para kreditor Mandala.

 


Ini Alasan Richard Gere ke Borobudur




JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai penganut agama Buddha, kedatangan aktor Hollywood Richard Gere ke Indonesia merupakan bagian dari tur spiritual yang dijalaninya. Rencananya, ia akan mengunjungi berbagai situs Buddha di seluruh dunia. Di Indonesia, ia akan mengunjungi Candi Borobudur.

Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar, ada beberapa perayaan pada tahun 2011 yang berkaitan dengan Candi Borobudur.

"Salah satu yang menginspirasi kunjungan ini adalah perayaan 1.000 tahun kedatangan Atisha, 100 tahun perayaan restorasi modern terhadap Candi Borobudur, 200 tahun Raffles menemukan Candi Borobudur, 20 tahun pencanangan UNESCO. Banyak hal yang dirayakan di Candi Borobudur pada tahun 2011," kata Sapta Nirwandar pada jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (17/6/2011). Perayaan lainnya adalah tepat 50 tahun lalu Presiden Soekarno membuka pentas Ramayana.

Hardi Chung dari Komunitas Buddha Indonesia mengatakan, kedatangan Gere karena terinspirasi perayaan 1.000 tahun kedatangan Atisha.

"Atisha adalah pendeta yang membawa gelombang Buddha ke Tibet. Pada tahun 1011 ia belajar Buddha di Sriwijaya. Tahun 1012, Atisha mengunjungi Candi Borobudur. Ajaran yang ada di Candi Borobudur ia bawa ke Tibet. Jadi akar ajaran Buddha di Tibet sampai sekarang ini asalnya dari Candi Borobudur. Ini kenapa menginspirasi Richard Gere untuk datang ke Candi Borobudur," jelasnya.

Selanjutnya, Hardi menjelaskan, pendeta Atisha dari Bengali melakukan perjalanan ke Sriwijaya untuk suatu tujuan. Saat itu, tuturnya, gelombang pertama Buddha di Tibet tidak terarah. Untuk meluruskan ajaran di Tibet, Raja Tibet melakukan perjalanan untuk mencari pendeta yang bisa mengajar di Tibet. Sayangnya, Raja Tibet meninggal di dalam tahanan saat tertangkap musuh di perjalanan.

"Tekad ini terdengar dari Atisha dan berdedikasi melakukan ajaran ke Tibet. Saat mau ke Tibet, Atisha mendapat ilham bahwa harus ke Sriwijaya. Ia ke Sriwijaya tahun 1011 Masehi. Selama 12 tahun ia belajar di Sumatera dan Candi Borobudur. Ada satu ajaran yang diterapkan banyak aliran di Tibet, itu hasil ajaran Atisha yang belajar di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Sapta mengatakan, kunjungan Gere bisa menambah citra baik Indonesia di mata dunia. Ia menuturkan, selama ini orang Amerika khawatir masalah keamanan saat datang ke Indonesia.

"Dia orang Amerika yang punya rasa khawatir untuk datang ke Indonesia. Tapi, semoga dengan kedatangan dia, banyak juga penggemarnya yang datang ke Indonesia," katanya.

Sapta melanjutkan, jika Gere merasa berkesan dengan kunjungan ke Indonesia, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan menawarkan kepada Gere sebagai duta wisata Indonesia.

"Bill Gates dan Kotler itu mereka for free sebagai duta kita. Kalau di akhir kunjungan kita tawarkan ke Richard Gere dan dia mau juga for free, rezeki buat kita," katanya.

Kunjungan Richard Gere juga dalam rangka penggalangan dana. Pascaletusan Gunung Merapi hingga saat ini, Candi Borobudur masih dalam tahap perbaikan di beberapa bagiannya.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetyo mengatakan, Candi Borobudur tetap buka untuk umum saat kunjungan Richard Gere.

Purnomo menjelaskan, kunjungan wisatawan asing selama ini terus meningkat. "Sejak November 2010 peningkatan permintaan dari travel agent besar untuk memasukkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan dalam itinerary kunjungan wisatawan asing saat ke Indonesia," katanya.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menargetkan 440.000 wisatawan asing berkunjung ke Candi Borobudur pada tahun 2011.





Richard Gere Akan Kunjungi Borobudur



Richard Gere


JAKARTA, KOMPAS.com — Aktor Hollywood, Richard Gere, akan datang ke Indonesia. Rencananya, pada tanggal 26 Juni 2011 ia akan mengunjungi Candi Borobudur. Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar mengatakan hal tersebut dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (17/6/2011).

"Richard Gere nanti bisa berkunjung di sekitar Candi Borobudur, melihat budaya dan merasakan makanan khas di sana. Ini akan menjadi suatu pencitraan yang bagus. Sebagai aktor terkenal kelas dunia bisa hadir di Candi Borobudur. Kita harapkan ini bisa memacu aktor-aktor lain untuk bisa mengunjungi Candi Borobudur, Yogyakarta, dan kalau bisa ke Prambanan juga," kata Sapta.

Sapta juga berharap kunjungan itu dapat memberi inspirasi bagi Richard Gere untuk membuat film di Candi Borobudur.

Sementara itu, perwakilan dari Richard Gere menuturkan bahwa Richard Gere mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, Kemenbudpar, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Richard Gere menginginkan kunjungannya diterima oleh segala pihak, tidak memandang agama tertentu. Richard direncanakan akan datang bersama keluarga. Karena itu, ia ingin kunjungannya bersifat privat. Walaupun demikian, ia sadar posisinya sebagai selebriti dapat mendatangkan orang ke Candi Borobudur.

Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Purnomo Siswoprasetyo, memang ada persiapan khusus yang disiapkan untuk kedatangan Richard Gere.

"Dari kedatangan dia, tim kita koordinasikan dengan baik dari sisi pengamanan dan kami juga harap teman pers bisa kerja sama dengan baik. Juga saat tarian akan dioptimalkan lagi dengan persiapan lebih khusus," katanya.

Purnomo melanjutkan, pihak keamanan sudah bekerja sama dengan aparat setempat. Sementara itu, dukungan juga datang dari sponsor dan hotel.

"Kami memfasilitasi beberapa hal. Tapi kami juga ingin sektor swasta dan BUMN yang lebih maju. Untuk meyakinkan Richard Gere untuk datang itu gampang-gampang susah. Perlu waktu satu tahun untuk menego supaya dia mau datang," kata Sapta.

Menurut Sapta, dampak dari kunjungan Richard Gere pasti berhubungan dengan peningkatan kunjungan wisman ke Candi Borobudur.

"Dia tidak kami bayar sama sekali. Dia bilang, 'Boleh memakai saya saya, tapi selama uangnya dipakai untuk charity (penggalangan dana amal)'. Richard Gere datang sama sekali tidak ada fee-nya," kata Sapta.

Purnomo menjelaskan, Richard Gere dijadwalkan akan melihat matahari terbit di Candi Borobudur. Kemudian, tutur Purnomo, ia akan mempelajari relief Borobudur sehingga bisa sambil menyerap histori dan ajaran di balik Candi Borobudur.

Gere juga akan menyaksikan pementasan Mahakarya Borobudur. Selain itu, ia akan mengikuti Morning Peace Walk dan menanam pohon bodhi di taman Borobudur. Jadwal kunjungan lainnya adalan bertandang ke Candi Mendut, melakukan kunjungan sosial ke Desa Wisata Borobudur, dan jamuan makan malam bersama Sultan Hamengku Bowono X di Keraton Kesultanan Yogyakarta.


 


8 Aksi Pria Ini Bikin Wanita Klepek-Klepek

Wanita terpanah asmara (Foto: Corbis)
Wanita terpanah asmara (Foto: Corbis)

MEMENANGKAN hati wanita memang tak cukup dengan menunjukkan cinta padanya. Lebih dari itu, pria harus berusaha untuk memerlihatkan rasa sayang dan pedulinya pada wanita.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat wanita "klepek-klepek" dengan sikap Anda. Ini dia bocorannya, seperti ditulis Mid Day.

Tatap matanya

Tataplah matanya ketika dia sedang bercerita tentang sesuatu hal, sehingga dia pun akan merasa sangat dihargai dengan perlakuan Anda tersebut.

Rawat penampilan Anda

Wanita sangat menginginkan pria tampil dengan terawat. Mereka ingin melihat Anda harum dan rapi sepanjang waktu. Ini tak berarti Anda harus melakukan perawatan tubuh secara berlebih, tapi setidaknya Anda harus rajin merawat kebersihan rambut dan wajah, sehingga Anda terlihat terawat dengan baik.

Bersosialisasi dengan teman-temannya

Wanita sangat tertarik ketika dia disukai dalam lingkup sosialnya dan terlihat menawan. Karenanya, terlibat dalam sebuah percakapan dengan teman-temannya akan membuat dia terkesan dengan Anda.

Abaikan panggilan telepon

Tidak ada pribadi yang ingin dianggap sebagai sosok yang tidak penting. Karenanya sebagai bentuk penghargaan pada pasangan, ketika Anda sedang menjalin komunikasi dengannya, sebaiknya Anda tidak menerima panggilan telepon dalam waktu yang cukup lama. Hal ini hanya akan membuat dirinya hilang "mood" terhadap Anda.

Ajukan pertanyaan

Hampir setiap wanita suka berbicara tentang dirinya sendiri. Ini adalah subjek yang terbaik bagi Anda untuk menanyakan tentang berbagai hal apapun padanya. Misalnya, mengajukan pertanyaan tentang masa lalunya dan hal-hal yang berbau tentang favoritnya, sehingga dia pun merasa terbuka serta merasa nyaman.

Buka pintu

Membukakan pintu bagi wanita adalah sikap gentleman yang sifatnya klasik. Meski demikian, perlakuan ini sangat ampuh mengambil hati wanita karena mencerminkan sikap ksatria Anda.

Berikan pujian

Jangan malu untuk menghujaninya dengan pujian yang membuatnya tersenyum, misalnya memuji busana yang dikenakannya hari ini. Katakanlah betapa Anda tampak hebat dalam balutan busana tersebut. Pujian ini dijamin akan membuat hatinya takluk.

Meminta saran

Sesekali, tak ada salahnya melibatkan keberadaan dirinya dalam masalah Anda. Jangan ragu untuk meminta pendapatnya seputar pilihan masalah yang Anda utarakan. Dengan keterlibatan ini, dia pun akan merasa dihargai dan dihormati sekaligus merekatkan kebersamaan.

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone




FPI Juga Bisa Gelar Pengobatan Gratis

DEPOK- Front Pembela Islam (FPI) rupanya tak hanya melekat dengan tindak anarkisme, tetapi juga ikut terlibat dalam kegiatan sosial. Salah satunya dilakukan oleh FPI Kota Depok yang menggelar pengobatan gratis.

Pengobatan gratis dilakukan di Masjid Baitturahman RW 019 Kampung Lio, Pancoran Mas Depok. Sedikitnya 300 warga miskin mulai menunggu sejak pagi untuk memperoleh pengobatan gratis.

Ketua FPI Kota Depok Habib Idrus Algadhri mengatakan, pihaknya hanya ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa FPI tak hanya seringkali merazia tempat-tempat maksiat, tetapi juga peduli kepada masyarakat tak mampu. Kegiatan tersebut, kata dia, baru pertama kali dilakukan dan diharapkan akan menjadi agenda tahunan.

"Kami FPI Depok selalu mengedepankan dialog, kalau bisa diusahakan menghindari anarkisme, melalui kegiatan seperti ini kami bisa langsung terjun membantu umat," katanya kepada wartawan, Sabtu (18/6/20l1).

Idrus menambahkan pihaknya bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan ESQ. Dia juga melibatkan 15 orang anak buahnya dari laskar FPI untuk memantau kegiatan tersebut. "Kami hanya fasilitasi tempat lalu kumpulkan warga miskin pakai sistem kupon, selebihnya dokter dan obat-obatannya dari ESQ, anak buah hanya memantau saja," tandasnya.

Rata - rata masyarakat yang datang umumnya karena sakit sesak nafas, flu, dan juga demam. Pengobatan gratis dilakukan hingga tiga tahap sehingga warga miskin tidak mengantre dan berebut. 


Marieska Harya Virdhani - Okezone


 

Kalstar Aviation Inaugural Flight Cengkareng - Sampit




Hari Kamis 16 June 2011 adalah salah satu hari yang bersejarah bagi maskapai  yang baru-baru ini merambah base Jawa. Kalstar Aviation,  nama maskapai yang dari penerbangan propeller di Kalimantan hingga penerbangan jet dengan type Boeing. (16/06) maskapai dengan tagline Fly smart with us ini mengadakan Innaugural flight rute CGK-SMQ  dengan no penerbangan KP 701 ETD  06.05 landing di Sampit ETA 07.30 dengan penumpang 85, penerbangan perdana Kalstar ke Sampit.


Kalstar Aviation berangkat dari Terminal  1C maskapai yang sudah merambah Kuching sebagai penerbangan regionalnya ini, membuka rute baru ke Pangkalan Bun CGK-PKN ETD 10.10 WIB  dengan no penerbangan KP 720  pesawat Boeing 737-500 125 seats registrasi pesawat PK-KSM ini membawa Gubernur Kalimantan Tengan Bapak Terras Narang beserta protokoler.

Penerbangan Perdana Sichuan Airlines Nanning - Jakarta



Jum'at (17/6) merupakan momentum bersejarah bagi maskapai milih pemerintah Nanning ini. Sichuan Airlines adalah nama maskapai penerbangan Republik Rakyat Cina.

Sichuan Airlines mengadakan penerbangan perdana ke Jakarta langsung dari NNG (Nanning) dengan no. penerbangan 3U 603 membawa 36 penumpang dan 11 awak pesawat berangkat dari Nanning pukul 10.50 LT dan mendarat dengan mulus di Cengkareng pukul 14.30 LT menggunakan pesawat Airbus A320.


(Info Penerbangan)


Tentara Korsel Tembaki Pesawat Penumpang Asiana




Tentara Korea Selatan, Jumat (17/6), menembaki pesawat penumpang yang terbang dari China yang membawa 119 penumpang. Tentara Korea Selatah menduga pesawat itu milik Korea Utara. Insiden terjadi di dekat perbatasan laut antara kedua Korea. Insiden terjadi di tengah ketegangan Seoul-Pyongyang.

Dengan menggunakan senapan K-2, tentara di pos penjagaan di Pulau Gyodong membombardir pesawat yang sedang menurun saat mendekati Bandara Internasional Incheon. Gyodong terletak hanya 1,7 kilometer selatan pantai Korea Utara. Pesawat itu sedang terbang di tenggara Pulau Jumun, 12 kilometer selatan Gyodong menuju Incheon.

"Penembakan berlangsung sekitar 10 menit. Tetapi pesawat terlalu jauh dari jangkauan tembak senapan dan tidak mengalami kerusakan apapun," tulis Kantor Berita Yonhap mengutip pernyataan seorang pejabat Korps Marinir. "Ketika pesawat itu berada di Pulau Jumun, tentara mengira itu adalah pesawat militer Korea Utara dan melepaskan tembakan." Seorang juru bicara Marinir membenarkan penembakan itu.

Seorang pengawas penerbangan mengemukakan kepada AFP, pesawat Asiana itu datang dari China dengan membawa 119 penumpang. Wwak pesawat mengikuti rute normal penerbangan. "Pesawat itu terbang mengikuti aturan yang normal. Pesawat itu tidak melanggar rute normal," kata pengawas penerbangan itu.


(Metrotvnews.com)


Inilah Posisi Tidur Enak Bikin Bebas Pegal

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak dipungkiri pentingnya tidur untuk kesehatan. Namun ternyata tidur bukan perkara memejamkan mata saja. Salah memilih posisi tidur bisa menyebabkan Anda terbangun dalam keadaan pegal atau leher kaku dan sakit. Simak posisi tidur yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Tidur terlentang 

Posisi tidur ini sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, mengurangi refluks asam lambung, meminimalkan keriput serta menjaga bentuk payudara agar tak mudah kendur.
Sayangnya posisi tidur terlentang ini bisa menyebabkan ngorok. Untuk mereka yang sering mendengkur disarankan untuk menggunakan bantal yang empuk agar kepala dan leher tidak tersangga terlalu tinggi. Tidur terlentang juga sering menyebabkan nyeri punggung, karena itu letakkan bantal di bawah lutut sehingga tungkai agak tertekuk. Bila alas tidur terlalu empuk, taruhlah papan setebal kira-kira 1 cm di bawah seprai.

Tidur miring 

Secara umum posisi tidur miring bagus untuk kesehatan karena efektif untuk mengurangi ngorok. Posisi tidur dengan lutut ditekuk dan agak diangkat ke arah dada dengan menjepit bantal sangat dianjurkan untuk mencegah nyeri punggung.
Posisi tidur miring merupakan posisi tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil. Selain melancarkan sirkulasi darah, saat perut semakin membesar, posisi tidur terlentang bisa membuat sesak napas.
Kelemahan dari posisi tidur ini adalah mempercepat timbulnya kerutan di wajah. "Semua tekanan akan berada pada satu sisi yang menghadap bantal. Posisi ini juga menyebabkan payudara cepat kendur," kata Dr.Roshini Rajapaksa, editor kesehatan majalah Health.

Posisi melengkung 

Posisi tidur dengan posisi menyamping dengan lutut di tekuk dan agak diangkat ke arah dada seperti posisi janin sangat tidak dianjurkan. "Posisi melengkung ini akan menekan diafragma sehingga bisa mengganggu pernapasan," kata Dody Chang, ahli akupuntur dari Center for Integrative Medicine, AS.
Ia menambahkan, posisi tidur melengkung ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung, wajah keriput lebih cepat, serta payudara mengendur. Kendati begitu posisi tidur ala janin ini sering dirasa nyaman oleh ibu hamil.

Tidur tengkurap 

Untuk mereka yang sering mengeluh nyeri punggung, sebaiknya menghindari posisi tidur tengkurap, kecuali perut diberi ganjalan bantal. Posisi tidur seperti ini sulit menjaga posisi netral untuk tulang punggung.
Tidur tengkurap akan memberi tekanan pada sendi dan otot-otot sehingga mengiritasi saraf dan menyebabkan nyeri, serta kebas. Selain itu dalam posisi ini kepala akan berada pada satu sisi dalam waktu lama sehingga leher akan pegal.

 


Lagi........Lion Terlantarkan Ratusan Penumpang ke Pekanbaru di Medan

Perlakuan sangat tidak mengenakkan dialami ratusan penumpang Pesawat Lion Air JT 392 dari Jakarta tujuan Pekanbaru. Pesawat yang sedianya mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sekitar pukul 22.00 WIB, Jumat (17/6/11) harus dialihkan ke Bandara Polonia Medan karean cuaca buruk.

Karena cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan penerbangan, akhirnya Lion memutuskan untuk menginapkan penumpang di Medan. Namun, ironisnya pihak Lion hanya memesan 30 kamar di Hotel Soeci. Padahal jumlah penumpangnya lebih seratus. Akibatnya, para penumpang harus berebut. Mereka yang tidak kebagian harus rela luntang-lantung di loby hotel. Termasuk sejumlah penumpang yang membawa balita.

"Kami heran, mengapa pula pihak Lion hanya menyediakan 30 kamar, padahal penumpang jumlanya lebih seratus," runtuk salah seorang penumpang yang dihubungi wartawan dini hari tadi.

Sejumlah penumpang sempat marah pada petugas Lion yang berada di hotel. Namun, meskipun dimarahi, namun petugas tersebut tak bergeming dan mengatakan kalau dirinya tak punya kewenangan memutuskan.

Setelah sempat terkatung-katung, akhirnya para penumpang yang tak kebagian kamar di Hotel Soeci dialihkan ke Hotel Tiara. "Baru jam setengah satu dini hari kami dipindah ke Hotel Tiara," tukas penumpang tersebut.

Pelayanan yang prima Lion berlanjut saat para penumpang akan melanjutkan penerbangan ke Pekanbaru. Dijadwalkan berangkat pukul 5.30 WIB, namun baru terbang pukul 7.00 WIB, Sabtu (18/6/11). "Masih ngatuk sudah dibangunkan, ternyata di bandara masih nunggu lagi. Ini saya baru sampai di Pekanbaru," runtuknya kepada riauterkini.


(Riau Terkini)

Jumat, 17 Juni 2011

TNI AL Pesan 2 Heli dan 3 Pesawat Angkut ke PT DI



Kesatuan Penerbangan TNI AL adalah tulang punggung dan ujung tombak kesatuannya dalam menjaga kesatuan NKRI maupun dalam peperangan. Untuk itu TNI AL akan menambah 2 helikopter dan 3 pesawat angkut.

"Ibaratnya mata, telinga, kaki dan tangannya AL. Kalau AL tanpa penerbangan yang kuat sama seperti orang buta, tuli dan pikun," kata KSAL Laksamana TNI Soeparno kepada wartawan seusai peringatan HUT Penerbangan TNI AL ke-55 di Lanudal Juanda, Jumat (17/6/2011).

Oleh karena itu, Soeparno mengaku jika pihaknya akan meningkatkan kekuatannya dengan menambah heli dan pesawat pengangkut pasukan. Bahkan, pesawat-pesawat ini sudah dipesan di PT Dirgantara Indonesia (DI). "Paling tidak 2 heli akan kita beli dan 3 pesawat angkut sudah dipesan di PT DI," ujarnya.

Tidak hanya itu, Soeparno mengatakan jika akan melakukan pengembangan Kesatuan Penerbangan TNI AL. Namun penambahan baru akan dilihat kekuatannya.

Ditanya mengenai peralatan utama sistem pertahanan yang sudah tua. Soeparno menegaskan pihaknya akan segera menghapus. "Nanti akan dihapuskan, kalau bisa kita akali untuk alutsista yang sudah tua tapi justru dengan mempertimbangkan," ujarnya.

Lebih lanjut ditanya mengenai program zero accident, Soeparno menjawab jika pihaknya memang mengutamakan hal tersebut meski alusista yang dimiliki sudah berumur.

"Kehilangan personel justru kita hilangkan, karena personel merupakan pilar kita. Makanya, untuk alutsista yang tua akan kita lihat dulu kalau bisa diakali ya kita akali tentunya dengan mempertimbangkan zero accident," tandas Soeparno.

(Detik Surabaya)

Batavia dan Lion Air Ajukan Penawaran Angkutan Haji



Batavia Air dan Lion Air sudah mengajukan penawaran harga kepada Panitia Kerja Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 2011. Harga yang ditawarkan kedua maskapai penerbangan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan harga yang diusulkan pemerintah dalam usulan BPIH 2011.

Hal ini membuat DPR optimis BPIH 2011 bisa turun. Anggota Komisi VIII DPR Rahman Amin mengungkapkan, Batavia Air menawarkan tarif sebesar 1.810 dollar AS untuk embarkasi Banda Aceh dan 2.008 dollar AS untuk embarkasi Makassar. "Varian angkanya berbeda-beda setiap embarkasi. Batavia Air menawarkan 11 embarkasi haji," ucapnya kepada KONTAN, Kamis (16/6/2011).

Sedangkan, Lion Air menawarkan empat embarkasi. Cuma, Rahman mengatakan, Lion Air tidak serius menawarkan harga.

Rahman mengatakan, adanya maskapai lain selain PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) ini membuat BPIH semakin kompetitif. Sebab, selama ini pengangkutan jemaah haji selalu diberikan seluruhny ke Garuda. "Maka Garuda juga harus bersaing, apakah berani menurunkan harga," katanya.

Cuma, anggota Komisi VIII DPR Zulkarnaen Djabar mengingat, maskapai yang terlibat dalam penyelenggaraan haji harus memenuhi berbagai persyaratan kendati tarifnya lebih rendah. Selain dari sisi keamanan dan kenyamana, dia mengatakan, maskapai tersebut harus bisa mengangkut jemaah dalam jumlah besar. "Minimal sekitar 20.000 jemaah. Kalau hanya ribuan ya agak susah," tandasnya.

Saat ini, baru Batavia yang melakukan penawaran sebanyak 30.000 jamaah. Sedangkan Lion Air hanya 9.000 jamaah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat mengaku sedang mengkaji tawaran tersebut dengan Kementerian Perhubungan. Dia mengatakan, BPIH 2011 bisa turun bila maskapai tersebut memenuhi persyaratan.

Sebelumnya, Kementerian Agama mengusulkan kenaikan (BPIH) 1432 H/2011 M sebesar 505 dollar AS menjadi 3.847 dollar AS per jamaah pada 2011. Kenaikan ini dikarenakan naiknya beberapa komponen BPIH seperti biaya penerbangan akibat gejolak harga minyak mentah dan pemondokan.


(Kompas.com)

Bagikan

Liburan, Maskapai Mulai Tambah Penerbangan



Mengantisipasi masa liburan sekolah Juni-Juli 2011, maskapai penerbangan telah mempersiapkan penerbangan tambahan untuk melayani masyarakat yang akan berlibur di sejumlah kota-kota di Indonesia. Selain itu Singapura dan Australia juga masih menjadi obyek menarik bagi masyarakat Indonesia untuk berlibur.

Dari keterangan yang didapatkan dari Kementerian Perhubungan, hingga 30 Juni mendatang, empat besar maskapai telah meminta penambahan penerbangan tambahan (flight approval/FA) sebanyak 58 penerbangan domestik.

Indonesia AirAsia telah menyiapkan pesawat Airbus A320 untuk penerbangan tambahan Jakarta-Denpasar pp sebanyak 28 frekuensi mulai tanggal 17 hingga 30 Juni, untuk rute yang sama Batavia juga menyiapkan delapan penerbangan tambahan.

Sementara Garuda Indonesia akan menambah penerbangan Jakarta-Denpasar pp sebanyak tiga penerbangan. Selain rute tersebut, Garuda juga akan mengerahkan pesawat wide body-nya Airbus A330 untuk penerbangan Jakarta-Balikpapan. Sedangkan Sriwijaya Air mengincar penerbangan Makassar-Balikpapan pp, dalam dua hari (16-17 Juli) maskapai tersebut mengajukan penerbangan tambahan enam kali.

Kepala Sub Direktorat Pengembangan Angkutan Udara Domestik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo memastikan maskapai-maskapai masih akan mengajukan penambahan penerbangan lainnya. "Juni ini kan baru liburan sekolah bagi kelulusan, masih ada liburan kenaikan kelas, jadi biasanya masih akan lebih besar lagi FA yang akan diajukan," kata Hemi di Jakarta, Kamis (16/6/2011).

Manajer Komunikasi Indonesia AirAsia, Audrey Progastama Petriny mengatakan, selain menambah penerbangan domestik itu, pihaknya juga akan menambah penerbangan internasional yaitu Denpasar-Perth (Australia), Denpasar-Darwin, Denpasar-Kuala Lumpur (Malaysia), Denpasar-Bangkok, Denpasar-Phuket (Thailand), Jakarta-Singapura dan Jakarta-Kuala Lumpur. "Rute yang menjadi primadona masyarakat saat liburan adalah Jakarta-Singapura,Jakarta-Kuala Lumpur dan Denpasar-Perth," kata Audrey.

Dijelaskannya, adanya penerbangan tambahan tersebut membuat penumpang maskapai tersebut mengalami kenaikan lebih dari 25 persen. "Pertumbuhannya cukup besar, karena pada liburan kali ini Indonesia AirAsia juga telah menambah beberapa unit pesawat," tandasnya.

Juru bicara Sriwijaya Air, Agus Soedjono mengatakan, pihaknya melirik rute-rute diIndonesia bagian timur karena permintaan begitu banyak di sana. Rute Makassar-Balikpapan selama ini permintaannya sangat besar, sehingga dia yakin penambahan tersebut mampu memberikan layanan maksimal dan menguntungkan juga bagi Sriwijaya. "Pada liburan ini kita juga akan membuka rute baru yaitu Sorong-Manokwari. Permintaan juga besar di Papua," jelasnya.

(Kompas.com)

Penerbangan Terlambat Paling Geleng-Geleng

Pesawat terlambat itu sudah biasa. Malah, kalau kita dapat pesawat yang terbang on time, itu rasanya sebuah kebetulan dan surprise. Jutaan penumpang di Indonesia ini sudah terbiasa dengan dua alasan yang paling sering disampaikan.

Pertama: Maaf atas keterlambatan ini, dikarenakan alasan operasional.

Kedua: Maaf atas keterlambatan ini, dikarenakan alasan terlambatnya kedatangan pesawat.

Sebagai salah satu orang yang hidupnya tergolong Up In The Air, dalam setahun saya bisa naik ratusan penerbangan. Pernah, keliling Indonesia sampai 57 penerbangan dalam 75 hari. Saya sudah terbiasa banget dengan aneka delayed dengan berbagai tingkat keparahannya.

Menurut hukum probabilitas, seharusnya ada satu atau dua penerbangan yang tak akan pernah terlupakan. Selasa sore lalu (14 Juni), ada keterlambatan sekitar dua jam dengan alasan paling unik.

Saking uniknya, saya dan beberapa penumpang sudah sulit marah atau kecewa begitu tahu penjelasannya. Hanya bisa geleng-geleng kepala. Atau sampai tertawa, karena merasa sulit percaya bisa mengalami penerbangan seperti ini?

***

Selasa sore itu, saya tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di kawasan Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB. Bertujuan segera pulang ke Surabaya. Tiket saya sebenarnya untuk penerbangan Garuda GA 320 pukul 15.30. Tapi sempat berharap bisa pindah ke penerbangan yang lebih dulu.

Ketika masuk, saya melihat di monitor kalau penerbangan sebelumnya, GA 318 yang pukul 14.30, di-delayed hingga pukul 15.30.

Aduh! Pikir saya waktu itu. Kalau yang 14.30 mundur sejam, apalagi yang 15.30! Mereka yang rajin terbang seperti saya tentu sadar, semua penerbangan setelah pukul 12.00 selalu bikin deg-degan. Mungkin perasaan saya ini salah, tapi rasanya kok lebih sering terlambat daripada on time-nya.

Minimal, kesannya kok lebih sering terlambat. Dan semakin sore (atau malam) semakin parah.

Saya pun ke counter Garuda, minta tiket saya dialihkan ke yang jam 14.30 itu. Toh pesawatnya juga terlambat.

Pertanyaan penting ketika ada dua pesawat yang jamnya berdekatan adalah: Apakah pesawat yang dinaiki sudah ada di bandara" Dan kalau belum ada, apakah sudah take-off dari kota sebelumnya" Kalau sudah take-off, perkiraan mendaratnya jam berapa" Data-data itu seharusnya ada di monitor.

Menurut penjelasan waktu itu, kedua pesawat sudah di udara, akan tiba hampir bersamaan (katanya selisih empat menit).

Di kasir waktu itu dijelaskan, kalau mau pindah pesawat, saya harus bayar ekstra lebih dari Rp 500 ribu. Tapi petugas perempuan itu dengan ramah merekomendasikan agar saya tidak pindah. Alasannya, kedua pesawat, toh, akan tiba di Soekarno-Hatta hampir bersamaan. Katanya, hanya selisih empat menit antara satu sama lain.

Malahan, pesawat saya yang pertama (GA 320) disebut bakal mendarat lebih dulu. Teman saya Bobby Arifin, yang waktu itu mengantar ke bandara, mendorong saya untuk pindah saja ke GA 318. Bayar lebih, tapi diyakini tetap akan berangkat lebih dulu.

Saya pun berpikir. Kedua pesawat akan mendarat di kisaran pukul 15.00. Berarti, butuh sekitar 20-30 menit untuk mengosongkan dan mempersiapkan pesawat untuk perjalanan selanjutnya.

Berarti, baik GA 318 maupun 320 baru akan boarding di kisaran 15.30. Ditambah 15-30 menit lagi waktu untuk persiapan akhir dan take-off, pesawat baru akan benar-benar terbang sekitar pukul 16.00. Jadi intinya, sama-sama lebih terlambat.

Karena kurang lebih sama, dan atas rekomendasi petugas juga, saya pun memutuskan untuk tetap naik GA 320. Sambil menunggu, saya makan dulu di bandara?

***

Kalau dipikir-pikir, dengan pertimbangan tiba lebih cepat di Surabaya, pilihan saya tidak pindah pesawat salah. Pada akhirnya, GA 318 tetap berangkat lebih dulu, pukul 16.00 lebih sedikit. Tapi, kalau saya pindah pesawat, maka saya tidak akan punya pengalaman menarik seperti berikut ini.

Sekitar pukul 15.00, saya dan penumpang GA 320 lain sudah menunggu boarding di Gate F1. Yes! Pesawat sudah mendarat dan merapat ke garbarata tidak lama kemudian. Beberapa kru pesawat yang ikut menunggu di F1 pun masuk ke pesawat itu setelah seluruh penumpangnya keluar.

Dalam hati saya, pukul 15.30 sudah boarding dan sebelum pukul 16.00 sudah bisa take-off. Satu jam dan sepuluh menit kemudian sudah sampai Surabaya.

Lama ditunggu, ternyata tak kunjung boarding. Ada pengumuman, karena alasan operasional, pesawat ditunda hingga 16.30. Lalu diumumkan lagi ditunda hingga 17.15.

Banyak penumpang berkumpul di meja petugas gate tersebut. Ada yang bertanya dengan nada emosi (seperti saya, he he he), ada yang sampai mengancam begini: "Awas, nanti ada kaca yang pecah lho!?

Salah seorang penumpang kelas bisnis lantas dapat pengakuan seorang petugas: Bahwa tidak ada pilot di dalam pesawat.

Tidak ada penjelasan lebih mendetail. Tapi seorang petugas (yang rasanya berpangkat lebih tinggi) akhirnya mengakui kalau saat itu memang tidak ada pilot di dalam pesawat.

"Pilotnya sedang di Alexis mungkin!" celetuk seorang penumpang.

"Pilot itu kayak sopir bus kan" Masak ngatur jadwal sopir aja nggak bisa," celetuk yang lain.

Kemudian dijelaskan, bahwa pilot (kalau tidak salah disebut pengganti) akan segera datang. Dan pesawat pun diumumkan akan boarding 16.45.

Sebenarnya, hari itu telatnya tidaklah terlalu lama. Hanya saja, muncul keluhan karena orang-orang ini memilih Garuda karena merasa lebih yakin akan ketepatan waktunya.

Saya pribadi sebenarnya tidak harus naik Garuda. Naik apa saja sama saja. Toh cuman sejam dari Jakarta ke Surabaya. Tapi, ketika benar-benar harus tiba pada waktu tertentu, saya memilih Garuda karena BERASUMSI akan lebih on time.

Ketika naik maskapai lain, seperti Lion atau Citilink atau Batavia, ketika diumumkan terlambat saya tidak terlalu bete. Soalnya kan murah! Kalau bayar murah, ya ada risiko-risikonya. Garuda kan beda, mahal. Kadang empat kali lebih mahal dari maskapai lain.

Dan waktu itu, saya sempat berpikir, kenapa hari itu tidak gambling naik maskapai lain yang lebih murah saja. Enaknya di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, kalau satu pesawat telat, saya bisa pindah ke yang lain. Misalnya di Terminal 1C. Kalau Citilink telat, saya bisa tengok jadwal Batavia, lalu beli tiket baru kalau memang Batavia terbang lebih dulu.

Dan harga dua tiket itu (Citilink dan Batavia) ketika digabungkan bisa tetap lebih murah dari tiket Garuda.

Kalau ternyata Batavia juga sulit, jalan sedikit ke kanan dan kiri, ada Lion dan yang lain-lain. Semuanya punya banyak penerbangan ke Surabaya.

Di Terminal 2" Bisa dibilang malas (karena repot) untuk pindah ke Terminal 1. Shuttle bus di bandara yang ribet itu lambat sekali?

***

Tidak lama, datanglah seorang "yang tampaknya pilot-- masuk ke ruang tunggu itu. Saya dan beberapa penumpang yang sedang ngerumpi bareng (pengusaha dan politisi Surabaya) lantas bertepuk tangan. Dasar orang Surabaya, cuek dan ekspresif, ha ha ha.

Tahu dapat sambutan. Sang pilot "yang dari awal tidak tampak happy-- melihat ke arah kami. "Kenapa saya di-tepokin" Artis ya" cetusnya.

Kami pun diam. Wah, marah nih! Dalam hati saya.

Dia berjalan ke arah kami. Ternyata bukan untuk marah, melainkan menjelaskan kenapa situasi seperti ini. Istilah populernya, curhat. Berdasarkan penangkapan saya, dia merasa tidak nyaman terbang. Dan kalau pilot tidak nyaman terbang, ya sebaiknya tidak terbang.

Berdasarkan penangkapan kami: Dia bilang baru saja menghadap ke manajemen. Menyampaikan kekecewaan, mengapa co-pilot-nya yang bule, yang tugasnya membantu pilot, justru mendapat bayaran tiga kali lebih tinggi. "Maaf penerbangan jadi terlambat. Tapi saya harus menyampaikan ini. Bagaimana harga diri bangsa ini kalau seperti ini!" tuturnya.

Teman saya yang politisi pun menimpali. Entah serius entah bercanda: "Nanti saya sampaikan aspirasinya ke atas!?

Pilot itu pun masuk ke pesawat, tidak lama kemudian kami semua boarding. Sambil antre masuk pesawat, kami hanya bisa geleng-geleng kepala. Mau marah sudah sulit rasanya. Malah bisa cekikikan.

"Oalah, terlambat karena ngambek to," celetuk seorang penumpang.

***

Kami semua sudah duduk di dalam pesawat. Seperti biasa, para flight attendant Garuda menyambut kami dengan sangat ramah.

Sebelum take-off, muncul pengumuman permintaan maaf atas keterlambatan sore itu, "dikarenakan alasan operasional." Sebelum mendarat, pengumuman lagi muncul, minta maaf atas keterlambatan ketibaan di Surabaya "karena alasan operasional.?

Saya terus terang hanya dengar dua kali. Mungkin waktu di udara ada pengumuman serupa, tapi saya tidak dengar karena ketiduran.

Mendekati pukul 18.30 (saya lupa pastinya), pesawat mendarat dengan mulus di Bandara Juanda Surabaya. Mulus sekali. Bapak-bapak yang duduk di sebelah saya pun mengomentari:

"Mungkin pilotnya sekarang sudah tenang ya. Mendaratnya enak sekali"

***

Mengapa saya begitu berupaya memilih pesawat yang paling dulu sampai Surabaya" Karena sore itu ada acara yang "wajib" saya datangi. Anak saya yang masih berumur 3,5 tahun akan tampil di panggung, menari dalam acara graduation sekolahnya.

Secara resmi, acara anak saya itu dimulai pukul 17.00 di sebuah hotel di pusat kota. Jadi sambil menunggu pesawat boarding, berkali-kali saya dikontak keluarga menanyakan kapan tiba.

Mendarat sekitar pukul 18.30, saya secepatnya menuju pusat kota. Mobil saya setir di atas 170 km/jam di tol, lalu di jalan "biasa" agak ngawur menyalip kanan-kiri.

Pukul 19.00 lebih sedikit, saya tiba di situ. Sayang, pas saya tiba, pas anak saya baru saja turun dari panggung. Andai lima menit lebih cepat, saya pasti bisa melihatnya pas sedang beraksi lucu di atas panggung.

Saya nanti-nantinya pasti masih akan naik Garuda lagi. Mungkin masih akan naik ratusan "atau ribuan-- kali lagi. Tapi, melihat penampilan anak saya itu tidak akan bisa diulang lagi.

Seandainya pilot tadi ngambeknya lima menit lebih pendek"

 

Opini by Azrul Ananda (JPNN.com)

Mitsubishi Jual Lima Jet untuk Pasok Maskapai RI



Mitsubishi Aircraft Corp kemarin menyatakan telah menyepakati perjanjian awal untuk menjual lima pesawat jenis MRJ (Mitsubishi Regional Jet) ke perusahaan leasing berbasis di Hong Kong, ANI Group Holding Ltd.

Keterangan resmi kedua perusahaan yang dikutip Wall Street Journal menyebutkan, dalam nota kesepahaman tersebut dijelaskan bahwa pembelian tersebut untuk memasok maskapai penberbangan Indonesia. "Pesawat buatan Mitsubishi ini akan disediakan untuk lima maskapai Indonesia termasuk perawatannya," kata ANI Group.

Dalam pernyataan bersama kedua perusahaan juga disebutkan, pembelian pesawat MRJ itu berpotensi bertambah hingga 20 unit atau lebih.

ANI Group merupakan konsumen ketiga bagi Mitsubishi Aircraft Corp untuk jenis pesawat MRJ. Rencananya, pengiriman pertama pesawat berkapasitas 70-90 penumpang itu akan dilakukan mulai 2014. MRJ disebut-sebut bakal bersaing dengan pesawat sejenis dari produsen lainnya seperti Bombardier dari Kanada dan Embraer (Brasil).

"Kami sangat bangga menjadi klien pertama MRJ di Asia di luar Jepang. Perekonomian Indonesia berkembang cepat. Negara ini memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan populasinya mencapai 240 juta orang sehingga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi," ujar ANI Group Holding Ltd seperti dikutip situs resmi Mitsubishi Aircraft Corporation, Jumat (17/6/2011).

ANI menambahkan, pesawat jet dengan jangkauan regional sangat penting jika melihat kondisi georgafis seperti Indonesia. Ke depan, untuk mengisi pasar yang ada, MRJ akan mengembangkan pesawat serupa dengan kapasitas hingga 100 tempat duduk.

Sementara itu, Presiden Mitsubishi Aircraft Hideo Egawa menambahkan, perusahaannya melihat adanya permintaan yang kuat di pasar Asia. Kerja sama dengan ANI diharapkan bisa meningkatkan ekspansi tidak saja di pasar Asia tetapi juga di dunia.

Mitsubishi Aircraft Corp adalah perusahaan patungan antara Mitsubishi Heavy Industries dan Toyota Motors Corp. Sebelumnya, perusahaan itu telah menerima 125 pesanan dari maskapai regional di Amerika Serikat (AS) Trans State Holding dan All Nippon Airways.

MRJ menggunakan mesin jenis PW1000G yang dibuat Pratt & Whitney, anak usaha United Technologies Corp. Pesawat ini diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 20% dibanding tipe serupa dari pesaingnya. Mesin tersebut juga digunakan oleh Bombardier jenis C Series dan Airbus A320-neo.

Mitsubishi Aircraft merupakan produsen pesawat baru yang mulai beroperasi secara komersial pada 2008 lalu. MRJ dijadwalkan memulai terbang perdana pada kuartal II/2012. Sementara pengirimannya pertamanya pada 2014.

(Okezone)

Jadwal 16 Penerbangan Komersil 'Terganggu' HUT Hari Penerbangan



Sebanyak 16 pesawat komersil yang akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda akan mengalami penundaan atau delay. Pasalnya, HUT Hari Penerbangan TNI AL ke-55 akan dilakukan parade flypass atau membentuk formasi udara.

"Delay akan berlangsung sekitar 10 menit," kata Firtson Mansjur kepada detiksurabaya.com, Jumat (17/6/2011).

Menurut Soni sapaan akrab Firtson, Humas PT Angkasa Pura I Juanda, dari 16 pesawat 1 diantaranya merupakan tujuan internasional dan sisanya tujuan domestik.

"15 Pesawat domestik dan yang internasional adalah Silk Air. Sedangkan delay diperkirakan pukul 09.15 WIB," imbuhnya.

Soni menambahkan jika penundaan keberangkatan maupun kedatangan pesawat komersil ini selain bertujuan menghindari kecelakaan di udara, juga partisipasi pihaknya memperingati Hari Penerbangan TNI AL ke 55 yang dilaksanakan di Landasan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda.

Sementera upacara HUT Hari Penerbangan TNI AL ke 55  dipimpin langsung oleh KSAL Laksamana TNI Soeparno. Dalam acara ini dihadiri para petinggi TNI AL maupun dari kesatuan lain serta perwakilan dari TNI AD dan TNI AU.


(Detik Surabaya)

Penerbangan Ekstra Perlu Diperketat



Regulator diminta memperketat pemberian izin penerbangan tambahan (extra flight) kepada maskapai, khususnya yang memiliki catatan ketepatan jadwal penerbangan (on time performance/OTP) yang rendah.

"Kondisi yang tampak saat ini, suplai armada masih lebih sedikit dibandingkan jumlah penumpang. Ini yang harus dikontrol supaya bisa mengantisipasi terjadinya penundaan jadwal penerbangan (delay), khususnya saat peak season," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Denny H Siahaan di Jakarta kemarin.

Menurut dia, regulator angkutan udara, yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, harus mendasarkan pemberian izin dengan mengacu pada hasil evaluasi terhadap maskapai, baik dari jumlah pesawat, rute, hingga jumlah penumpang yang bisa diangkut. "Tolok ukurnya kan jelas, ditambah lagi aspek jam terbang pesawat terkait jadwal perawatan (maintenance),"tuturnya.

Selain itu, lanjut Denny, perlu adanya pengaturan jam operasional bandara yang lebih jelas,supaya tidak ada lagi penumpukan penumpang akibat delay karena bandara tujuan sudah ditutup jam operasionalnya. Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, selama periode Januari hingga April 2011, rata-rata ontime performance masingmasing maskapai masih di bawah 90%.

OTP Batavia Air tercatat mencapai 68% (naik dari 2010 sebesar 59%), Lion Air 66% (turun dibandingkan 2010 yang mencapai 67%), Indonesia AirAsia 71% (naik dari 2010 sebesar 66%), Sriwijaya Air 74% (naik dari 2010 sebesar 64%),dan Garuda Indonesia 86% (naik dari 2010 sebesar 75%). Performa Lion Air berdasarkan data tersebut merupakan yang terendah.

Akhir-akhir ini maskapai tersebut kerap mengalami penundaan jadwal penerbangan.Pada pekan lalu sebagian besar rute domestik yang dilayani Lion Air tercatat mengalami delay yang diklaim karena adanya gangguan pada jadwal kru pesawat dan cuaca. Terkait dengan itu,Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan menjelaskan bahwa pekan lalu Lion telah mendapatkan teguran keras dari regulator.

Selain mendapat teguran, kinerja maskapai tersebut juga dievaluasi selama dua hari yaitu Kamis (9/6) dan Jumat (10/6) oleh Kemenhub. "Teguran pemerintah karena ingin menegakkan aturan yang ada. Seperti kita ketahui, Lion Air adalah maskapai dengan penumpang terbesar, sehingga bila terjadi masalah akan berpengaruh,"jelasnya.

Menurutnya, Kamis pekan lalu Dirjen Perhubungan Udara telah memanggil pihak Lion Air dan anak usahanya,Wings Air.Pemerintah akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, antara lain melihat kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengantisipasi meningkatnya jumlah pesawat. Evaluasi juga dilakukan untuk menguji kemampuan maskapai dalam melayani jadwal penerbangan yang dibutuhkan masyarakat.

"Delay yang terjadi pada Lion diakibatkan oleh migrasi sistem karena Lion terus menambah pesawat sehingga sistemnya butuh yang lebih bagus,"ujar Bambang. Dihubungi terpisah, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan,keterlambatan jadwal penerbangan maskapainya karena pengaturan ulang (reschedule) kru yang saat ini diberlakukan oleh Lion Air.

Meskipun demikian, dia tidak dapat menjanjikan sampai kapan masalah tersebut akan selesai. "Untuk mengatasi masalah delay ini kami akan mengatur kru, baik itu pilot, co-pilot dan pramugari dengan jadwal penerbangan secara manual,kami harapkan delay ini akan bisa secepatnya diatasi,"tandasnya.


(Seputar Indonesia)


Bandara Juwata Siapkan Ruangan Bebas Merokok

Hingga saat ini Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Timur masih terus melakukan proses pembangunan ruangan tunggu penumpang dan perpanjangan runway.

Rencananya pembangunan ruangan tunggu ini akan disiapkan sebuah ruangan bebas merokok bagi penumpang.

"Kami siapkan ruangan khusus bebas merokok, agar perokok aktif bebas untuk merokok. Kalau digabung dengan penumpang yang tidak merokok yah pastinya kasihan. Sebab resiko bagi perokok pasif akan lebih sakit daripada perokok aktif," ucap Kepala Bandara Juwata Tarakan, Husni Djau, Kamis (16/6/2011).

Bandara Juwata Tarakan, sampai saat ini belum memiliki ruangan bebas merokok, sehinga membuat penumpang sering bebas merokok disembarang tempat.

Padahal manajemen bandara telah memberikan tanda melarang merokok di ruang tunggu, namun masih ada beberapa penumpang yang tidak menghiraukan larangan tersebut.


(Tribunnews)

Access Road Kuala Namu Minus 11 Hektare




Masalah sepertinya enggan berpaling dari proses pembangunan Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara. Mulai dari sisi internal, hingga eksternal proyek tak lepas dari sentuhan masalah. Dari pengerjaan proyek yang tidak sesuai bestek, hingga proses pembebasan lahan akses jalan atau access road dari Simpang Kayu Besar, Tanjung Morawa menuju bandara yang tak kunjung terselesaikan.

Hal ini merupakan salah satu indikator yang menyebabkan terhambatnya realisasi mega proyek ini, karena akses jalan merupakan sebuah faktor pendukung primer dalam pengoperasian bandara yang bakal mengambilalih fungsi Bandara Polonia. Bandara di Medan itu dinilai tidak representataif sebagai bandara bertaraf internasional.

Kepala Dinas Bina Marga Sumut, Marapinta Harahap mengatakan, pembebasan lahan merupakan kewenangan Tim IX Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Namun hingga kini tim IX belum juga mampu menuntaskan hal ini, walau talah diingatkan berulang kali. "Lahan yang dibutuhkan untuk membangun akses jalan seluas 34 hektare, sedangkan saat ini masih terdapat seluas 11 hektare lahan yang belum dibebaskan, yang terdiri dari lahan HGU (Hak Guna Usaha, red), eks HGU PTPN serta lahan milik warga," ujar Marapinta kepada Waspada Online, malam ini.

Marapinta memaparkan, pelepasan lahan HGU dan eks HGU untuk akses jalan menuju bandara terkendala karena belum terbitnya persetujuan dari pihak Kementerian BUMN. Sementara pembebasan lahan untuk jalan layang di Jl Djamin Ginting baru terealisasi untuk 60 kepala keluarga (KK) dari total 110 KK yang lahannya terkena proyek.

"Padahal dana pembebasan lahan telah dialokasikan untuk akses ke Kuala Namu sebesar Rp20 miliar serta Rp10 miliar untuk pembangunan jalan di Kota Medan dan di Kabupaten Deli Serdang," tukasnya.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Sumut, Tunggul Siagian mengatakan, pihaknya sangat berharap agar realisasi akses jalan menuju Kuala Namu dapat terealisasi sesuai dengan schedule. "Namun hasilnya harus sesuai bestek, jangan hanya sesuai schedule tapi hasilnya tak sesuai bestek, seperti proyek runway yang terpaksa dibangun ulang," ucap Tunggul dengan nada ketus.

Dikatakan politisi dari Partai Demokrat ini, dirinya juga berharap agar hal ini juga berlaku pada proses pembangunan jembatan layang yang berada di kawasan Jl Djamin Ginting, karena jembatan layang itu nantinya akan berfungsi sebagai salah satu solusi untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas.

Tunggul juga berharap agar seluruh pihak yang terlibat dalam proses realisasi Kuala Namu mampu menjalin kerjasama yang serius untuk menyegerakan proses pembebasan lahan access road, dan segera melanjutkan tahapan pembangunannya. "Kita semua harus kerjasamalah untuk Kuala Namu. Selain itu kita juga harus bisa mengenyampingkan segala kepentingan tertentu dan fokus pada Kuala Namu, ini kan untuk kepentingan Sumut. Kita tak ingin Kuala Namu terus menerus mangkir dari schedule yang telah ditetapkan," pungkasnya.

(Waspada Online)

Kamis, 16 Juni 2011

SOLUSI CERDAS MEMILIKI MOBIL IDAMAN


Antramobil.Co.Id

Memiliki MOBIL adalah salah satu Impian Terbesar Semua Orang, Namun tidak Semua Orang mampu mewujudkannya karena selama ini anda hanya mengetahui 2 cara untuk mendapatkan sebuah mobil baru. Yang pertama yaitu membeli secara tunai dimana anda harus menyiapkan uang diatas 100 juta rupiah. Cara yang kedua adalah secara kredit. Untuk mendapatkan mobil secara kredit, anda harus menyiapkan DP minimal 20 juta rupiah, dan juga penghasilan bulanan anda harus mencukupi untuk membayar cicilan tiap bulannya. Bagi sebagian orang yang sangat menginginkan sebuah mobil dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengumpulkan DP minimal, selain itu mereka harus memikirkan bagaimana tiap bulannya membayar cicilan agar mobilnya tidak ditarik oleh leasing. Hal-hal inilah yang menjadi kendala sebagian besar masyarakat untuk mendapatkan sebuah mobil yang diidam-idamkan. Tapi anda tidak usah khawatir, PT Antar Mobil memahami kendala-kendala ini dengan membuat sebuah sistem yang sangat memudahkan anda mendapatkan mobil dalam waktu singkat. Saat ini anda bisa mendapatkan mobil anda hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 5 juta rupiah. Dengan 5 juta tersebut anda akan mendapatkan solusi untuk mengumpulkan DP mobil dalam waktu singkat. Dengan 5 juta tersebut anda akan mendapatkan solusi cicilan sehingga anda tidak usah pusing memikirkan cicilan mobil setiap bulannya, dengan 5 juta tersebut anda akan dapat melunasi mobil lebih cepat, dan dengan hanya dengan 5 juta anda akan mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah, bahkan sampai 1 Triliyun.
Sudah banyak orang yang mendapatkan mobil sebagai bukti kedahsyatan program ini. Selanjutnya giliran anda untuk mendapatkan mobil impian anda. Mungkin hanya dalam waktu 1 minggu, 2 minggu, atau 1 bulan anda sudah memiliki dan merasakan nikmatnya menaiki kendaraan roda 4.
Bagaimana Cara anda Mendapatkan Mobil !!!
Mengisi Aplikasi Registrasi Di Website ini & Aplikasi Pemesanan Mobil.
Membayar Uang Pendaftaran sebesar Rp. 5.000.000,-
Hanya mengajak 6 Teman yg juga berkeinginan memiliki Mobil utk Bergabung
BENEFIT

Mendapat Voucher Booking Fee Sebesar Rp. 4.000.000,-
Mendapatkan Mobil dengan cara yg Cepat, Mudah & Murah
Berhak atas semua Bonus yg diberikan perusahaan sebagai berikut :
Bonus Refferensi Rp. 2.500.000,- / Org (Unlimited)
Rincian pembayaran Rp. 2.000.000,- berupa Voucher & Rp. 500.000,- berupa Uang Tunai (s/d orang ke-6 yg anda Refferensikan). utk Orang ke-7 dst anda mendapatkan Rp. 2.500.000,- & Bonus ini dibayarkan setiap hari.
Bonus Pasangan Rp. 300.000,- / Pasang (Max. 10 Pasang/hari)
Semua orang yang mendaftar, tersusun dengan system jaringan binary, bila terjadi pasangan kiri & kanan, maka anda akan mendapatkan bonus sebesar Rp. 300.000,- (tanpa batas kedalaman) & tanpa melihat Level, Maximal perhari bonus ini dibatasi 10 Pasang (Flush Out) dengan potensi Rp. 3.000.000,-/hari.
Ilustrasi Bonus Pasangan :
Contoh :
Pada Gambar disamping, misalkan jaringan kiri Anda berjumlah 5 dan jaringan kanan Anda berjumlah 3, maka yang akan dihitung bonus pasangan adalah 3 pasang. 3 x 300.000,- = 900.000,- Kaki menunggu Anda sebanya 2.
Jika Jumlah jaringan kiri Anda 15 dan jaringan kakan Anda 20 maka terjadi pasangan sebanyak 15 pasang, namun karena batas jumlah pasangan perhari hanya 10 maka yang akan dihitung hanya 10 pasang x 300.000,-=3.000.000,-. Sisanya hangus (Flush Out)
Bonus Profit Sharing
Bonus ini dikeluarkan oleh perusahaan sebesar 2,5% dari omzet Perusahaan. Diberikan kepada para member yang mengalami flush out, Sisa flush outnya akan dihitung dalam bentuk persentasi selama satu bulan.
Ketentuannya adalah sebagai berikut:
- 50 s/d 100 Titik : 1 %
- 101 s/d 150 Titik : 0,75 %
- 151 s/d 200 Titik : 0,50 %
- 201 s/d keatas... : 0,25 %
Bonus Point Reward
Bonus ini dikeluarkan dengan syarat:
- Sudah kualifikasi 6 orang ( untuk xenia) atau 8 orang(untuk terios)
- Wajib merekrut 1 orang(orang ke -7)
Setiap perekrutan orang ke -7, 8, 9 dan seterusnya, dihitung 1 point. Point yang terbentuk di bawah jaringan anda, akan diakumulasikan untuk diperhitungkan dan sebagai penentu pencapaian peringkat dan besarnya bonus yang akan diterima
Besarnya bonus yang diterima berdasarkan pemeringkatan berikut:
- Silver (16 point kiri, 16 point kanan) sebesar Rp. 10.000.000,-
- Gold (10 kiri, 10 kanan Silver) sebesar Rp. 22.000.000,-
- Ruby (10 kiri, 10 kanan Gold) sebesar 100.000.000,-
- Emerald (10 kiri, 1 kanan Ruby) sebesar 500.000.000,-
- Saphire I (10 kiri, 10 kanan Emerald) sebesar 1.200.000.000,-
- Saphire II (9 kiri, 9 kanan Saphire I) sebesar 2.250.000.000
- Diamond (8 kiri, 8 kanan Saphire II) sebesar 12.000.000.000,-
- Double Diamond (7 kiri, 7 kanan Diamond) sebesar 75.000.000.000,-
- Crown (6 kiri, 6 kanan Double Diamond) sebesar 500.000.000.000,-
- Crown Ambassador (1 kiri, 1 kanan Crown) sebesar 1.000.000.000.000,-
Bonus PLAN B dari Rp. 15.000.000,- s/d Rp. 30.000.000,-
Plan B terjadi apabila anda telah merefferensikan 6 orang untuk bergabung bersama anda. setelah itu anda akan secara Otomatis dimasukkan kedalam Pohon Jaringan perusahaan dengan System Matrix 2 kaki dan akan bergabung dengan member lainnya diseluruh indonesia dengan kualifikasi yang sama.
Setiap dibawah anda terjadi 3 Kiri & 3 Kanan, maka anda akan Fly & akan terjadi 3 kali Fly
  1. Fly Ke-1 Rp. 15.000.000,-
  2. Fly Ke-2 Rp. 25.000.000,-
  3. Fly Ke-3 Rp. 30.000.000,-
Total Bonus yg akan anda terima di PLAN B adalah Rp. 70.000.000,-
Ilustrasi Bonus PLAN B :
Fly Board Pertama Rp. 15.000.000,-
Plan B akan secara otomatis Anda peroleh ketika syarat utama terpenuhi yaitu Jika Anda telah berhasil mensponsori/mereferensikan sebanyak 6 orang (Jika yang Anda pilih mobil xenia) atau 8 Orang (Jika yang Anda pilih mobil terios) maka secara otomatis Anda akan menempati posisi Board I. Jika Jumlah kiri dan kanan di Board I sudah mencapai 3 Kiri dan 3 Kanan maka Anda berhak mendapatkan bonus senilai Rp. 15.000.000,- dan Jika di Plan A jaringan Anda sudah mencapai minimal 5 kiri dan 5 kanan maka Anda berhak untuk menempati Board ke II.
Fly Board ke-2 Rp. 25.000.000,-
Jika dalam Board II Anda telah memiliki 3 Kiri dan 3 Kanan maka Anda berhak mendapatkan bonus senilai Rp. 25.000.000, dan jika di Plan A jaringan Anda sudah mencapai 7 Kiri dan 7 Kanan maka Anda berhak melanjutkan ke Board III.
Fly Board ke-3 Rp. 30.000.000,-
Jika dalam Board III Anda telah memiliki 3 Kiri dan 3 Kanan maka Anda berhak mendapatkan bonus senilai Rp. 30.000.000..
--------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah Anda mendapatkan Bonus Board ke III, maka secara otomatis Anda akan di input Ulang secara otomatis (ReEntry) menjadi titik baru yang siap menjadi sumber penghasilan Anda berikutnya dan juga 1 buah Netbook yang bisa menjadi sarana kesuksesan Anda selanjutnya.
* Proses ReEntry akan memotong Bonus Board III Anda sebesar 5.000.000,-.
Catatan :
  • Bonus dibayar harian, hari ini posting besok langsung bayar, kecuali hari sabtu dan minggu akan dibayar hari senin.
  • Bonus Harian secara Automatis akan terdebit untuk PPN 10%.
Catatan Penting Untuk Anda !!!
Cukup mensponsori 6 Orang saja, maka anda akan membawa pulang 1 Unit Mobil daihatsu XENIA dan uang Tunai Sebesar Rp. 3.900.000,- (bonus refferensi & bonus pasangan) serta berpeluang mendapatkan MEGA BONUS PLAN B TOTAL Rp. 70.000.000,- dan bonus point reward sampai 1 Triliyun Rupiah
Cukup Mensponsori 8 Orang untuk mendapatkan Daihatsu Terios.
Anda berkewajiban membayar Angsuran setiap bulannya sesuai denga List harga Type mobil yang diambil dan bebas memilih waktu Jangka waktu Kredit.
Voucher Bonus Refferensi bisa Diuangkan bila tidak ingin mengambil Mobil (Kena Potongan 20%)

INFO SELENGKAPNYA, KUNJUNGI : http://antarmobil.co.id/?id=LANGIT atau klik :
Antramobil.Co.Id